Selasa, 19 Januari 2016

Kekuatan Militer Indonesia

 Kekuatan Militer Indonesia

 TNI baru saja memperingati HUT ke 70 tanggal 5 Oktober lalu, dengan acara puncak memperagakan keunggulan-keunggulan militer Indonesia. Siapa sangka, ternyata kekuatan militer Indonesia kini termasuk yang diperhitungkan di dunia. Indonesia menjadi satu-satunya negara di ASEAN yang masuk dalam daftar kekuatan militer terbesar di dunia.
Indonesia dinilai mempunyai kekuatan militer lebih baik dibanding Australia, Singapura dan Malaysia. Sungguh, ini sebuah keunggulan Indonesia sehingga bisa menjadi negara yang diperhitungkan. Malahan hanya beberapa tingkat di bawah Israel dan lebih kuat dari Australia !
Koran TEMPO beberapa waktu lalu memberitakan peringkat negara dengan kekuatan militer terkuat di dunia, di mana Indonesia berada di posisi 12, hanya satu tingkat di bawah Israel yang nomor 11.
Sebuah lembaga pengamat militer internasional telah merilis daftar peringkat negara-negara dengan kekuatan militer di dunia. Dalam daftar yang dirilis Global Fire Power, Indonesia duduk di peringkat ke-16 setelah Israel yang menduduki peringkat ke-15 dari 20 besar kekuatan militer di seluruh dunia.
Sementara itu dalam peringkat yang dibuat oleh Asian-Pacific Ranked by Military Power (2015), Indonesia berada di urutan 8 dan Australia dibawahnya di urutan 9.
Menurut Ismet Rauf, wartawan senior, pengamat militer, yang sekarang juga Pemimpin Redaksi Kantor berita Islam Miraj Islamic News Agency (MINA), membangun kekuatan militer adalah keniscayaan yang harus dilakukan untuk sebuah negara yang ingin diperhitungkan di forum internasional, termasuk oleh negara-negara jiran. “Kini jiran seperti Malaysia, Singapura, Australia, PNG, tak berani lagi macam-macam seperti dulu lagi, kan ?” katanya.
Karena itu, lanjutnya, dalam keterbatasan dana negara dan prioritas pada pembangunan ekonomi, Indonesia terus melakukan pembangunan kekuatan militer, walau barulah untuk mencapai tahap yang secara militer disebut “Minimum Essential Forces” (MEF).
Namun demikian, Ismet Rauf, yang juga anggota Tim Penulis buku “Diplomasi Indonesia” (Kemlu RI, 1995), menambahkan, membangun kekuatan militer sangat diperlukan, namun terbukti belakangan ini, itu saja tidak cukup.
Menurutnya, tidak ada lagi negara yang menang perang dengan keunggulan militer saja pasca Perang Dunia ke II.
“Keunggulan militer bukanlah lagi penyebab kemenangan. Lihat kegagalan militer Perancis di Vietnam dan Aljazair. Lihat pula kegagalan Amerika Serikat di Vietnam, Afganistan dan Irak. Rusia yang punya hegemoni secara militer-pun gagal bertahan menguasai Afghanistan dan Ukraina. Demikian pula Israel yang kuat secara militer, nyatanya tidak sertamerta menang, menghadapi Palestina yang menjalankan perjuangan multi-dimensional (militer, diplomasi, ekonomi, politik, agama). Kedigdayaan militer bukan lagi jadi  andalan utama untuk menang. Maka belakangan muncullah generasi baru perang yang disebut Fourth Generation Warfare  atau biasa disingkat 4GW. Maknanya perang tak bisa dimenangkan  bila hanya mengandalkan keunggulan militer,” tegasnya.
Maka kini di damping membangun keunggulan militer, personil, alat utama sistem persenjataan (alutsista), pangkalan militer, intelijen dan lain-lain, Indonesia juga makin aktif dalam konsep 4GW : meningkatkan peranan dalam organisasi-organisasi internasional seperti PBB, OKI, ASEAN ; meningkatkan peranan dalam isyu-isyu internasional seperti Palestina, Rohingya, kerjasama ekonomi selatan-selatan, memberi pendidikan/pelatihan bagi pemuda-pemuda negara selatan, kerjasama kebudayaan dan lain-lain.

Kekuatan Militer Indonesia Era Soekarno di Wilayah Bumi Selatan

Presiden Soekarno - Kekuatan Militer Indonesia
boombastis.com
Di tengah-tengah era Presiden Soekarno, kekuatan milliter Indonesia sempat menjadi salah satu kekuatan militer terkuat dan terbesar di dunia. Bahkan, pada era tersebut kekuatan militer Belanda masih belum sebanding dengan Indonesia.
Amerika Serikat yang dicap sebagai negara adidaya pun sangat khawatir dengan perkembangan kekuatan militer Indonesia yang disokong secara besar-besaran oleh teknologi terbaru buatan Uni Soviet (sekarang Rusia)
Keakraban antara Pemerintah Indonesia dengan Uni Soviet membuahkan hasil, salah satunya yaitu kekuatan militer Indonesia mendapatkan bantuan yang tak tanggung-tanggung yakni sebesar US$ 2,5 Milyar dari angkatan laut dan udara termaju di dunia yaitu Uni Soviet.

Bantuan Uni Soviet Untuk Angkatan Laut Kekuatan Militer Indonesia

KRI Irian - Kekuatan Militer Indonesia
wikimedia.org
Sverdlov, alutsista buatan Uni Soviet ini sempat menjadi kapal perang tercepat dan terbesar saat itu. Saat di bawa ke Indonesia, kapal perang ini berganti nama menjadi KRI Irian. Dengan 12 meriam raksasa berkaliber 6 inch dan bobot seberat 16.640 ton, kapal perang ini mampu menampung 1270 ABK termasuk 60 perwira di dalamnya. Uni Soviet tidak pernah sekalipun memberikan kapal sekuat itu kepada negara manapun, kecuali hanya Indonesia.

Bantuan Uni Soviet Untuk Angkatan Udara Kekuatan Militer Indonesia

Pesawat MiG-21 Fishbed - Kekuatan Militer Indonesia
itmiliter.blogspot.com
Pesawat MiG-21 Fishbed merupakan salah satu pesawat tercanggih di dunia yang mampu terbang dengan kecepatan hingga mencapai Mach 2. Bahkan pesawat ini dianggap lebih hebat dari pesawat tempur lain Amerika seperti Supersonic F-104 Starfighter dan F-5 Tiger. Disisi lain, Belanda selaku penjajah indonesia pun masih mengandalkan pesawat bekas Perang Dunia II, yakni Mustang
Selain itu, Indonesia juga mempunyai 26 armada pembom jarak jauh stategis seperti Tu-16 Tupolev (Badger A dan B) yang berada di Lanud Iswahyudi, Magetan. Tu-16 Tupolev dilengkapi berbagai peralatan canggih beserta rudal khusus anti kapal perang (AS-1 Kennel) yang mempunyai daya ledak tinggi sehingga mampu dengan mudah untuk menenggelamkan beberapa kapal tempur barat.
Hal tersebut membuat Indonesia menjadi salah satu dari 4 bangsa di dunia yang mempunyai alutsista pembom stategis , seperti Rusia, Amerika dan Inggris.
Kekuatan Militer Indonesia semakin bertambah lengkap semenjak kehadiran 12 kapal selam Pasopati berkelas Whiskey yang saat ini dipajang di Surabaya. Berbagai pesawat pengangkut seperti Antonov An-12B turut berperan dalam misi pengangkut alutsista militer Indonesia. Sementara itu puluhan kapal tempur berkelas Corvette helikopter bertype MI-6 dan MI-4 juga tidak ketinggalan dalam misi pembebasan Irian Barat. Ditambah lagi dengan ribuan senapan serbu terbaik dan melegenda, seperti AK-47.

Peringkat Kekuatan Militer Indonesia

Sebuah situs yang membahas kekuatan militer dunia, Global Fire Power merilis sebuah data dalam situsnya bahwa pada tahun 2014 kekuatan militer Indonesia menduduki peringkat 19 diatas semua negara Asia Tenggara. Hebatnya, pada 15 Agustus 2015, kekuatan militer Indonesia naik ke peringkat 12 mengungguli Australia dan Itali yang bisa dikatakan maju dalam segi teknologi dan pengetahuannya.
Peringkat TNI dalam Global Fire Power - Kekuatan Rahasia Militer Indonesia
globalfirepower.com
Berada di peringkat tersebut bukan berarti Indonesia hanya terpaku di situ saja, akan tetapi kekuatan militer Indonesia terus meningkat dan mengalami beberapa pembaharuan. Salah satunya adalah penambahan beberapa alutista seperti Super Tucano yang akan masuk ke formasi TNI pada tahun 2018.
Modernisasi dan peningkatan kekuatan militer ini dilakukan supaya Indonesia bisa ikut serta dalam operasi gabungan dengan beberapa negara lain. Beberapa negara lain pun sering mengkhawatirkan dengan modernisasi peningkatan kekuatan militer Indonesia, termasuk negara tetanggga. Salah satu negara tetanggga yang khawatir dengan berkembang kekuatan militer Indonesia yaitu Malaysia.
Berdasarkan sebuah data dari Global Fire Power, kekuatan militer Indonesia jauh lebih unggul dibandingkan dengan Malaysia yang berada di peringkat 35. Namun disisi lain, kekuatan militer malaysia sendiri disokong oleh beberapa negara federasi seperti Australia, Selandia Baru, Inggris dan Singapura.

Inilah Prestasi Kekuatan Militer Indonesia

Komandan Pasukan Khusus atau disingkat dengan Kopassus, menempati peringkat ketiga di bawah naungan SAS (Inggris) dan MOSSAD (Israel).
Lain halnya dengan Amerika yang tidak menempatkan satupun wakilnya di peringkat pertama situs Global Fire Power. Hal ini disebabkan karena pasukan elit mereka lebih mengandalkan teknologi daripada skill dan kemampuan individu dari pasukan itu sendiri. Berikut adalah sederet prestasi mentereng militer Indonesia yang membanggakan di mata dunia.

1. Peringkat Ketiga Pasukan Elite Dunia

Kopassus Peringkat 3 Di Dunia - Kekuatan Rahasia Militer Indonesia
tipsartikeldanpengetahuan.wordpress.com
Menurut Discovery Channel Military edisi 2008, Kopassus berada di posisi tiga pasukan elite dunia karena ternyata mampu mengalahkan pasukan elite dari beberapa negara lain yang terlalu bergantung pada teknologi akurat, serba digital dan super canggih.

2. Peringkat Kedua Sukses Operasi Militer

Peringkat Kedua Sukses Operasi Militer - Kekuatan Rahasia Militer Indonesia
selasar.com
Pada pertemuan Elite Forces di Wina, Austria. Kopassus meraih peringkat kedua dalam melakukan operasi militer stategis (intelijen, pergerakan, penyusupan, penindakan). Sementara itu, urutan pertama adalah pasukan elite Amerika Serikat Delta Force. Saat itu, 35 pasukan elite dari beberapa negara di dunia unjuk gigi dalam ajang tersebut.

3. Dipercaya oleh PBB

Misi Perdamaian di Mesir - Kekuatan Rahasia Militer Indonesia
wikimedia.org
TNI sering ditugaskan PBB dalam misi perdamaian di Mesir sejak diterjunkan pertama kali pada 8 Januari 1957 dengan Pimpinan Letkol Infantri Hartoyo. Setelahnya, pasukan perdamaian TNI bernama Kontingen Garuda (KONGA) sudah lebih dari 30 kali diterjunkan untuk menjaga dan memelihara perdamaian dunia.

4. Misi Diplomatik

Misi Kebudayaan KONGA - Kekuatan Rahasia Militer Indonesia
d-onenews.com
KONGA juga melakukan misi diplomatik dengan mempertunjukan kebudayaan Nusantara, salah satunya adalah memainkan angklung saat sedang bertugas di Sudan. Aksi ini menunjukan pada dunia bahwa menjaga perdamaian tidak hanya dengan peralatan senjata, namun juga bisa dilakukan dengan atribut kebudayaan dan berbagai misi kemanusiaan.

5. Melatih Militer di Afrika

TNI Melatih Militer di Afrika - Kekuatan Rahasia Militer Indonesia
lensaindonesia.com
Setidaknya lebih dari 80% para Perwira Kopassus berpartisipasi dalam acara pelatihan militer di Afrika. Hingga akhirnya beberapa negara di Afrika Utara hingga Barat memiliki acuan teknik pembentukan dan pelatihan pasukan elite berkat tentara Indonesia.

6. Merah Putih di Gunung Everest

Merah Putih di Everest - Kekuatan Rahasia Militer Indonesia
twicsy.com
Berkat Kopassus, Indonesia pertama kalinya mengibarkan bendera merah putih di puncak Gunung Everest. Sekaligus mencatatkan diri sebagai negara pertama di Asia Tenggara yang pernah menginjakkan kaki di gunung tertinggi tersebut.

7. Operasi Woyla

Operasi Woyla - Kekuatan Rahasia Militer Indonesia
indocropcircles.wordpress.com
Kopassus berhasil membebaskan seluruh sandera yang ada di dalam pesawat Garuda Indonesia di tahun 1981. Semua pembajak tewas dihabisi, tak heran jika ini aksi heroik ini mendapat pujian dari berbagai belahan dunia kala itu,

8. Prestasi Mayor Jenderal Rais Abin

Rais Abin - Kekuatan Rahasia Militer Indonesia
photobucket.com
Pada tahun 1976, Rais Abin dipercaya PBB sebagai Panglima United Nations Emergency Forces (UNEF)II yaitu sebuah pasukan perdamaian PBB. Dalam misi ini Rais Abin memimpin sekitar 4.000 tentara yang berasal dari berbagai negara di dunia, yaitu Austria, Finlandia, Ghana, Polandia, Swedia, Irlandia, Nepal, Panama, Australia dan khususnya Indonesia.
Rais Abin merupakan orang pertama di Asia yang menjabat Panglima UNEF II dalam misi mejaga perdamaian antara Mesir dan Israel pasca perang Yom Kippur (Oktober 1973). Berkat usaha lobi dan kerja keras Rais Abin, konflik antara Mesir dan Israel berakhir dengan penandatanganan perjanjian yang berlangsung di Gedung Putih, Amerika Serikat.

9. Juara Umum Australian Army Skill at Arms Meeting (AASAM) 2014

Australian Army Skill at Arms Meeting (AASAM) - Kekuatan Rahasia Militer Indonesia
kaskus.co.id
Kopassus menyabet kejuaraan menembak internasional AASAM 2014 ke 67. Hasilnya, dari lomba ini TNI memperoleh 32 medali emas, 15 medali perak dan 20 perunggu dari anggota Angkatan Darat. Sedangkan, tuan rumah Australia berada di urutan kedua dengan perolehan 6 medali emas, 15 perak dan 20 perunggu.
Disusul Brunei Darussalam di urutan ketiga dengan 5 emas, 4 perak dan 1 perunggu. Dengan prestasi itu, Indonesia kembali mengukuhkan kemenangan untuk ketujuh kalinya secara berturut-turut sejak 2008 sampai 2014 lalu.

10. Juara Umum Brunei International Skill at Arms Meet (BISAM) 2015

BISAM 2015 - Kekuatan Rahasia Militer Indonesia
youtube.com
Lomba tembak BISAM ke-11 yang diselenggarakan pada tanggal 15 Januari sampai dengan 2 Februari 2015 di Brunei Darussalam diikuti oleh 16 negara peserta yang terdiri dari Indonesia, Brunei Darussalam, Malaysia, Singapura, China, Oman, Australia, Vietnam, New Zealand, United Kingdom, United States Of America, Philipina, Laos, Thailand, Kamboja dan Pakistan.
Dalam lomba ini, Kontingen TNI menjadi juara umum dan memperoleh sebanyak 34 medali nomor individu serta kelompok. Pada nomor Individu, total medali yang diraih sebanyak 6 emas, 6 perak dan 4 perunggu. Sedangkan pada nomor kelompok, TNI meraih sejumlah 14 emas, 3 perak dan 1 perunggu.
Prestasi diatas merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi para segenap anggota TNI mengingat prestasinya yang selalu dikenal di berbagai negara khususnya Indonesia. Sampai sekarang prestasi itupun masih terus berlanjut. Semoga prestasi ini akan tetap ada di tahun yang akan datang, Semoga saja :)

Alutsista Kekuatan Militer Indonesia

Alutsista Kekuatan Militer Indonesia
strategi-militer.blogspot.com
Kekuatan alutsista militer Indonesia meliputi berbagai persenjataan di medan darat, laut dan udara. Misal persenjatan darat di antaranya yaitu kendaraan lapis baja, artileri hingga senapan laras panjang. Sementara itu, persenjataan untuk medan laut seperti kapal patroli, kapal serang, kapal selam hingga kapal induk. Tak ketinggalan pula, persenjataan khusus untuk baik pertempuran maupun patroli di medan udara seperti  helikopter, pesawat tempur dan rudal, roket hingga nuklir.
Pemutakhiran kekuatan militer ini sangatlah penting bagi pertahanan kedaulatan setiap negara, khususnya bagi Indonesia. Negara terluas se Asia Tenggara ini merupakan negara maritim yang berbatasan langsung dengan beberapa negara tetangga lainnya seperti Malaysia, Timor Leste dan Singapura. Berikut ini beberapa alutsista militer Indonesia  yang akan dibahas secara lengkap dari semua angkatan yang ada.

Alutsista Kekuatan Militer Indonesia Versi Angkatan Udara

Pasukan Angkatan Udara memiliki tanggung jawab atas operasi pertahanan negara Republik Indonesia di udara. Dengan adanya mereka diharapkan keamanan perbatasan di wilayah udara Indonesia akan lebih terjaga dari gangguan pihak asing.

1. Pesawat F-1 C/D

Pesawat Tempur F-16
militerindonesiamy.blogspot.com
Pesawat F-1 C/D 521d milik TNI AU ini lumayan handal saat berada dalam pertempuran udara. Pesawat ini merupakan pesawat paling lincah di kelasnya. Rudal jarak pendek dan sedang untuk penembakan Beyond Visual Range juga turut melengkapi persenjataan pesawat ini.
Permukaan pesawat juga dilengkapi bom canon sebesar 20 mm standar MK bertype 81/ 82/ 83/ 84 beserta rudal AGM-84 Harpoon (anti kapal) dan rudal AGM-88 HARM (anti radar). Untuk melihat target sasaran, pesawat ini mengandalkan Head Up Display berlayar lebar keluaran terbaru yang kompatibel dengan Helmet Mounted Cueing System dan Night Vision Google.
Untuk operasi tempur malam hari, pesawat ini dilengkapi dengan navigation targeting pod canggih seperti sniper yang mampu melaksanakan misi Supression of Enemy Air Defence (SEAD) guna menetralisir pertahanan udara musuh.

2. Pesawat EMB-314 Super Tucano

Pesawat EMB-314 Super Tucano
kaskus.co.id
Super Tucano merupakan pesawat terbang bermesin tunggal dengan jenis turbo prop. Pesawat ini sangat lincah dalam operasi penyergapan dan pencegatan baik di darat, intelijen, patroli darat dan maritim terbatas. Tidak sampai disitu, Super Tucano juga cocok digunakan dalam misi militer lain seperti berbagai pengeboman dan sabotase.
Berikut ini Beberapa Spesifikasi Pesawat Super Tucano:
  • Memiliki kemampuan manuver 3,5g sampai 7g,
  • Berkecepatan maksimum hingga mencapai 590 km/jam,
  • Memiliki ketinggian maksimum terbang sekitar 31.000 kaki dpl.
  • Dilengkapi dengan persenjataan AIM-9 sidewinder, AAM-1 piranha, bom MK-81 dan MK-82, roket FFAR.

3. Pesawat Tempur T-50i

Pesawat Tempur T-50i
defense-studies.blogspot.com
Pesawat jet latih tempur buatan Korea Selatan ini bisa digunakan untuk misi pertempuran di udara. Pesawat T-50i Golden Eagle juga dilengkapi dengan berbagai persenjataan hebat, seperti:
  • AIM-9 Sidewinder
  • Bom MK-82, BDU-33
  • AGM-65 Maverick
  • MK-20 Cluster Bomb Unit
  • Bom pintar JDAM (berfungsi untuk memperkuat daya tempur)

4. Pesawat Tempur Sukhoi (Su)-30 MK2

Pesawat Tempur Sukhoi Su - 30
prokimal-online.blogspot.com
Pesawat tempur buatan Rusia ini merupakan hasil modifikasi pesawat mereka yang lama yaitu Su-30 yang menggabungkan teknologi canggih dari varian Su-27M.
Pesawat Sukhoi Su-30MK2 termasuk pesawat tempur kelas berat yang bisa bertempur di segala cuaca. Sukhoi Su-30 merupakan pesawat tempur yang nyaris sekelas dengan pesawat tempur Amerika Serikat yakni F-15E Strike Eagle.
Dengan ukuran panjangnya yang mencapai 21,9 m (72 ft 0 in) serta lebar sayap 14,7 m (48 ft 3 in), tinggi 6.36 m (20,85 ft) dan bobot sebesar 24,900 kg, pesawat ini mampu membawa 1 pilot beserta 1 co-pilot didalamnya. Sukhoi Su-30 memiliki kecepatan maksimum yakni sekitar 2 mach (2.120 km/jam) dengan ketinggian yang mencapa 1.140 kn, 1.320 mph.
Berikut ini Beberapa Persenjataan Pesawat Tempur Sukhoi Su-30:
  • Rudal R-73 jarak pendek inframerah
  • Rudal Anti-Radiasi Kh-31p
  • Peluru Kendali type Kh-29T dan Kh-59 ME TV
  • Radar Semi Aktif R-27
  • Rudal Radar Aktif R-77E
  • Berbagai bom terarah yang dipandu dengan laser

Alutsista Kekuatan Militer Indonesia Versi Angkatan Darat

Angkatan Darat memiliki tanggung jawab atas operasi pertahanan Negara Republik Indonesia pada bagian pulau-pulau yang ada di Indonesia, khususnya pulau-pulau kecil yang berada di dekat perbatasan.

1. Tank Marder

Tank Marder - Kekuatan Militer Indonesia
defense-update.com
Tank dari Jerman ini memiliki bobot yang lebih ringan dan rendah. Alutsista ini memiliki senjata andalan berupa recoil force, Turret Hitfact 105 – 120 mm yang terbukti ampuh menghasilkan tenaga tembakan secara akurat.  Selain itu senjata ini juga memiliki beberapa kelebihan, salah satunya adalah mesinnya yang sudah terintegritas.
Turret Hitfact mampu melacak pergerakan lawan secara independen.Selain itu senjata ini juga dapat mendeteksi sasaran dengan remote control yang dipandu kamera TV infra merah.
Tank Marder dilengkapi sejumlah senjata mesin jenis otomatis berkaliber 7,62 mm. Tak ketinggalan pula senjata mesin untuk pertahanan udara yang berkaliber sekitar 12,7 mm. High-velocity rifled gun berupa Turet Oto Melara fully-stabilized 105-mm ini, merupakan senjatan buatan italia yang memiliki efektif jarak tembak sekitar 3 kilo meter dengan amunisi sesuai dengan standar yaitu NATO 105 mm. Berdasarkan keunggulan yang dimiliki, dapat dipastikan jika Tank Marder  ampu bertarung dengan beberapa tank MBT lainnya yang ada di dunia.

2. Panser Anoa

Panser Anoa
pinterest.com
PT. Pindad berhasil memproduksi sebuah kendaraan lapis baja yang digunakan untuk mengangkut personel angkatan darat. Panser Anoa, pertama kali dipamerkan ke publik pada 5 Oktober 2006 bertepatan dengan HUT TNI ke 61 di markas besar TNI, Cilangkap.
Panser Anoa dipersenjatai dengan senapan mesin berat berkaliber 12,7mm dan 7,62 mm. Tak ketinggalan senapan lain berupa Remote Weapon System dengan kaliber 7,62mm dan pelontar granat kaliber 40 mm. Sebagai pertahanan diri, panser Anoa ini dilengkapi dengan pelontar tabir asap berukuran 2×3 kaliber 66mm.

3. Tank Leopard

Tank Leopard II Revolution
strategi-militer.blogspot.com
Tank Leopard atau biasa disebut MBT dalam singkatan Main Battle Tank merupakan salah satu alutsitsa buatan Jerman yang digadang-gadang mempunyai beberapa keunggulan terpenting saat berada di medan perang
Salah satunya adalah pada besaran kaliber meriamnya yakni berukuran 120 milimeter. Sementara itu, jarak capai rudal yang jauh, armor protection, stabilizer system beserta kemampuan penetrasi dan daya hancurnya menjadi kekuatan tersendiri pada tank ini.
Maka jangan heran jika kemampuan firing control system dan automatic target tracking system dari tank ini terhitung sangat akurat. Untuk mempercepat daya tembak, Tank Leopard dilengkapi sebuah teknologi canggih bernama auto ammo loader. Thermal imaging sight, laser range finder dan balistik komputer merupakan sisi kecanggihan lain dari teknologi tank ini.
Dari sisi kemampuan taktik pertempuran darat, Tank Leopard dapat dikatakan paling unggul di kelasnya. Hal ini semakin diperkuat dengan kemampuan daya gerak, daya kejut dan daya hancur yang cukup kuat dari tank ini.

4. Tank Scorpion

Tank Scorpion
cintabelanegara.blogspot.com
Saking ringannya, Tank pabrikan Inggris ini dapat diangkut dengan menggunakan pesawat agar dapat digunakan di beberapa wilayah yang jauh dari markas TNI. Tank Scorpion didesain seringan mungkin dengan menggunakan bahan utama aluminium. Tak ketinggalan meriam 76mm pun menjadi andalan untuk melumpuhkan musuh saat berada di medan perang. Tanks Scorpion mampu melaju dengan cepat hingga 76km/jam.

5. Panser Tarantula

Panser Tarantula
garudamiliter.blogspot.com
Kendaraan Alutsista lapis baja pabrikan Korsel (Korea Selatan) ini memiliki bobot 18 ton. Sementara itu, canon 90mm serta senjata mesin jenis 7,62mm/12,7mm juga turut melengkapi tank ini di sektor persenjataan.
Panser Tarantula merupakan kendaraan tempur beroda enam dengan 3 operator yakni komandan, sopir dan penembak. Disisi lain, Tarantula juga dapat melaku hingga kecepatan 100km/jam di daratan dan 80km/jam jika di perairan. Panser ini didesain agar memiliki kemampuan penuh saat menyerang lawan maupun bertempur dengan tank musuh sekaligus sehingga cocok untuk digunakan pada saat operasi gerilya.

6. Meriam MLRS

Meriam MLRS
indo-defense.blogspot.com
Meskipun desainnya terlihat agak futuristik, namun cukup menyeramkan memang jika kita melihat performa alutsista buatan Brazil ini. Meriam MLRS memiliki jangkauan tembak jarak jauh beserta tingkat keakurasiannya yang tinggi.

7. Meriam 155 Caesar

Meriam 155 Caesar
militaryimages.net
Selain memiliki jarak tembak hingga 42 km, Meriam 155 Caaesar juga dilengkapi dengan sistemnya yang ter-komputerisasi dalam setiap proses pengoperasiannya. Meriam buatan Prancis ini merupakan salah satu dari alutsista self-propelled howitzer yang dapat dipindah dengan menempatkannya diatas truk Unimog 6×6. Meriam 155 Caesar siap menembakkan 18 amunisi dalam hitungan detik karena dilengkapi dengan pengisian proyektil secara otomatis.

Alutsista Kekuatan Militer Indonesia Versi Angkatan Laut

Angkatan Laut Tentara Nasional Indonesia merupakan salah satu bagian dari angkatan perang Indonesia yang bertugas dalam menjaga kedaulatan wilayah lau Negara Kesatuan Republik Indonesia. Awalnya TNI-AL didirikan dari satuan tentara Badan Keamanan Rakyat atau biasa disingkat dengan BKR pada tanggal 10 September 1945.

1. KRI Bung Tomo -357

KRI Bung Tomo-357 Kekuatan Militer Indonesia
id.wikipedia.com
Melaju dengan kecepatan maks. 27 knot, Kapal Perang Bung Tomo-357 mempunyai panjang 95 meter secara keseluruhan, dengan lebar 12,70 meter dan berat penuh hingga 2.300 ton.
Spesifikasi persenjataan KRI Bung Tomo-357:
  • Peluncur triple BAE System 324 MM
  • Meriam otomatis melara 76MM
  • 16 Tabung peluncur rudal jenis VLS MBDA
  • Meriam DS 30 B Remsing 30 MM
  • 2 Tabung rudal MBDA MM-40 block II exoxet
  • Sensor electro optic weapon director radamec 2500

2. KRI John Lie-358

KRI John Lie-358 Kekuatan Militer Indonesia
wikiwand.com
Usut punya usut, nama kapal ini sebenarnya diambil seorang tokoh pahlawan nasional bernama Laksamana Muda TNI Purnawirawan John Lie. Menurut sejarah, beliau pernah terlibat perang melawan Belanda dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
KRI John Lie-358 dapat bergerak secepat 30 knot. Dengan bobot seberat 2.300 ton, kapal ini memiliki panjang 95 meter dan lebar 12,7 meter. Kapal bertipe F2000 Corvette ini dilengkapi dengan persenjataan khusus, seperti 1 buah meriam oto melara 76mm, peluncur tripel torpedo BAE System 324 mm dan 2 buah meriam MSI Defence DS 30B REMSIG 30 mm. Tak diragukan lagi memang jika kapal ini mampu berperang di bawah dan diatas air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar