Sabtu, 16 Januari 2016

Simulasi Digital

Perkembangan Simulasi dan Teknologi Dibidang Digital (Game Simulation)

Sebenarnya saya sudah menjelaskan arti dari simulasi dan contoh simulasi pada post saya yang sebelumnya, tapi saya akan bahas kembali disini.

Apa itu simulasi ?

  • Simulasi itu adalah suatu proses gambaran atau tiruan yang di buat menyerupai keadaan beserta sekelilingnya  yang nyata sehingga kita bisa memperkirakan apa yang akan terjadi dalam suatu proses di sistem. 
  • Simulasi adalah tindakan menggunakan sebuah model. Model tersebut dirancang sedemikian rupa untuk mendapatkan hasil yang nantinya akan diolah di dunia nyata.

Contoh simulasi yang sedang marak-maraknya di kabarkan di indonesia yaitu Driving Simulator untuk pembuatan SIM.

Disini saya akan menjelaskan sedikit simulasi dibidang digital atau game simulation. Banyak sekali permainan-permainan yang menggunakan fitur simulasi 3D dari sebuah kendaraan. Contohnya permainan simulasi pesawat, mobil, motor, dsb.

Contoh game simulasi lain yaitu SimCity



Game ini bertujuan untuk memberi experience kepada player, adalah tipe game simulasi di mana player harus mendirikan, memperluas, atau mengelola komunitas atau proyek fiksi.

  1. City-Building Game, merupakan bagian dari economic-simulation game.
  2. Economic-simulation Game, biasanya berupa simulasi keadaan ekonomi atau bisnis, di mana player mengontrol keadaan ekonomi dari game tersebut. 
  3. God Game, sering tidak mempunyai tujuan akhir yang membuat player memenangkan game. 
  4. Government simulation Game, biasa disebut juga political game, memasukkan unsur kepolisian, pemerintahan, atau politik sebuah negara, bahkan juga perperangan.

Sejarah SimGame (Game Simulasi terpopuler)

Sim game yang pertama kali mencuri perhatian publik adalah SimCity, yang dirilis pada tahun 1989 oleh Maxis. Pada tahun 1997, Maxis diakuisisi oleh Electronic Arts (EA). Sinergi inilah yang melahirkan seri game simulasi paling populer saat ini, The Sims. Pada dasarnya, sim game itu sendiri dibagi ke dalam beberapa sub-genre, antara lain:

1. Simulasi konstruksi dan manajemen Adalah tipe game di mana pemainnya harus membangun, mengatur dan mengembangkan sebuah komunitas atau proyek dengan sumber daya yang terbatas. Tipe permainan semacam ini biasanya lebih melibatkan aspek-aspek ekonomi ketimbanggame bertipe real-time strategy (RTS), dan obyektifnya lebih mengarah pada pembangunan yang sukses sesuai konteks, bukan sekedar menaklukkan pesaing.

2. Simulasi kehidupan sehari-hari Pada sebuah gameyang termasuk ke dalam sub-genre ini, pemain seolah-olah hidup sebagai seorang individu artifisial dalam sebuah dunia virtual fiktif ataupun non-fiktif. Game yang bertema simulasi interaksi sosial seperti The Sims juga termasuk dalam kategori ini. Popularitas game simulasi tipe yang kedua ini sukses menembus ranah offline.Beberapa contohnya adalah The Sims Online – dikembangkan oleh Maxis dan EA pada tahun 2002, The Sims Social – game Facebook yang dirilis pada tahun 2011, serta Rumah Bintang, game simulasi sosial terbaru rilisan Bir Bintang yang berfokus pada kegiatan hang out bersama teman-teman.



PENGERTIAN SIMULASI DIGITAL


Suatu proses peniruan dalam bentuk visual yang dideskripsikan menyerupai kata, gambar dan grafis.
 SIMULASI
Metode simulasi yang paling luas penggunaannya dalam mengevaluasi berbagai alternatif sistem sumberdaya air. Teknik ini mengandalkan cara coba-banding (trial-and-error) untuk memperoleh hasil yang mendekati optimal. Model simulasi mempunyai maksud untuk mereproduksi watak esensial dari sistem yang dipelajari. Teknik simulasi dapat dibayangkan dengan percobaan (eksperimen), sebagai penyelesaian masalah untuk mempelajari sistem yang kompleks yang tidak dapat dianalisis secara langsung dengan cara analitik. Teknik simulasi merupakan metode kuantitatif yang menggambarkan perilaku suatu sistem.
Simulasi adalah suatu cara untuk menduplikasi/menggambarkan ciri, tampilan, dan karakteristik dari suatu sistem nyata. Ide awal dari simulasi adalah untuk meniru situasi dunia nyata secara matematis, kemudian mempelajari sifat dan karakter operasionalnya, dan akhirnya membuat kesimpulan dan membuat keputusan berdasar hasil dari simulasi. Dengan cara ini, sistem di dunia nyata tidak disentuh /dirubah sampai keuntungan dan kerugian dari apa yang menjadi kebijakan utama suatu keputusan di uji cobakan dalam sistem model.
  1. Simulasi yaitu suatu proses peniruan dari sesuatu yang nyata beserta keadaan sekelilingnya (state of affairs). Aksi melakukan simulasi ini secara umum menggambarkan sifat-sifat karakteristik kunci dari kelakuan sistem fisik atau sistem yang abstrak tertentu.
  2. Simulasi metode pelatihan yg meragakan sesuatu dalam bentuk tiruan yg mirip dng keadaan yang sesungguhnya
  3. Simulasi sebuah penggambaran suatu sistem atau proses dengan peragaan berupa model statistik atau pemeranan; me·nyi·mu·la·si v menirukan (menyerupakan) kpd sesuatu yg besar dng ukuran yg lebih kecil: komputer itu dapat digunakan untuk – bintang meledak; me·nyi·mu·la·si·kan v membuat (menjadikan) dalam bentuk simulasi
DIGITAL
Digital berasal dari kata Digitus, dalam bahasa yunani berarti jari jemari. Apabila kita hitung jari jemari orang dewasa, maka berjumlah sepuluh (10). Nilai sepuluh tersebut terdiri dari 2 radix, yaitu 1 dan 0, oleh karena itu Digital merupakan penggambaran dari suatu keadaan bilangan yang terdiri dari angka 0 dan 1 atau off dan on (bilanganbiner).
Digital adalah kata, gambar, dan grafis yang mendeskrepsikan dalam bentuk numeris melalui piranti komputer, Semua sistem komputer menggunakan sistem digital sebagai basis datanya. Dapat disebut juga dengan istilah Bit (Binary Digit) Peralatan canggih, seperti komputer, pada prosesornya memiliki serangkaian perhitungan biner yang rumit. Dalam gambaran yang mudah-mudah saja, proses biner seperti saklar lampu, yang memiliki 2 keadaan, yaitu Off (0) dan On (1). Misalnya ada 20 lampu dan saklar, jika saklar itu dinyalakan dalam posisi A, misalnya, maka ia akan membentuk gambar bunga, dan jika dinyalakan dalam posisi B, ia akan membentuk gambar hati. Begitulah kira-kira biner digital tersebut.
Konsep digital ini ternyata juga menjadi gambaran pemahaman suatu keadaan yang saling berlawanan. Pada gambaran saklar lampu yang ditekan pada tombol on, maka ruangan akan tampak terang. Namun apabila saklar lampu yang ditekan pada tombol off, maka ruangan menjadi gelap. Kondisi alam semesta secara keseluruhan menganut sistem digital ini. Pada belahan bumi katulistiwa, munculnya siang dan malam adalah suatu fenomena yang tidak terbantahkan
 Keistimewaan Teknologi Digital
  1. Mampu mengirimkan informasi dengan kecepatan cahaya yang mengakibatkan informasidapat dikirim dengan kecepatan tinggi.
  2. Penggunaan yang berulang-ulang terhadap informasi tidak mempengaruhi kualitas dan kuantitas informasi itu sendiri.
  3. Informasi dapat dengan mudah diproses dan dimodifikasi ke dalam berbagai bentuk.
  4. Dapat memproses informasi dalam jumlah yang sangat besar dan mengirimkannya secara interaktif.
 Contoh – Contoh Peralatan Yang menggunakan Digital
  1. Jam digital
  2. Kamera digital
  3. Penunjuk suhu digital
  4. Kalkulator digital
  5. Computer
  6. HP
  7. Radio digital
 
Jenis-jenis Simulasi
Beberapa jenis simulasi yaitu:
a. Simulasi menurut sifat dan waktu
  1. Simulasi Statis merupakan simulasi model yang menggambarkan suatu sistem atau proses yang tidak dipengaruhi oleh waktu atau terjadi pada saat-saat tertentu saja. Contoh: Simulasi Monte Carlo
  2. Simulasi Dinamis merupakan simulasi model yang dipengaruhi oleh waktu. Simulasi ini kebalikan dari simulasi statis. Contoh: Simulasi kedatangan mobil ke dalam jalan tol
b. Simulasi menurut ada tidaknya peubah acak
  1. Simulasi Deterministik
  2. Merupakan simulasi yang menggambarkan suatu proses yang pasti terjadi.
  3. Simulasi Stokhastik atau Probabilistik
  4. Merupakan simulasi yang menggambarkan suatu proses yang mengandung unsure ketidakpastian.
c. Simulasi menurut peubah acaknya
  1. Simulasi Diskrit merupakan simulasi dari suatu proses yang komponen-komponen sistemnya bersifat diskrit. Contoh: Simulasi kedatang pembeli pada supermarket
  2. Simulasi Kontinu merupakan simulasi dari suatu proses yang komponen-komponen sistemnya bersifat kontinu.
  3. Simulasi Campuran merupakan simulasi dari suatu proses yang komponen-komponen sistemnya ada yang bersifat diskrit dan ada yang bersifat kontinu.
  4. Simulasi Monte Carlo merupakan simulasi yang menggunakan data empiris sebagai dasar

PENGGUNAAN SIMULASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN
Contoh Sistem Analog:
1. Remote TV
2. Spedometer pada motor
3. Pengukur tekanan 
4. Telepon
5. Radio analog
Digital adalah kata, gambar, dan grafis yang mendeskrepsikan dalam bentuk numeris melalui piranti
komputer (Tom E Rolnicki, pengantar dasar jurnalisme 2008, prenada media grup rawangmangu
jakarta dialihbahasakan oleh Tri Wibowo halaman 410).
Digital berasal dari kata Digitus, dalam bahasa Yunani berarti jari jemari. Apabila
kita hitung jari jemari orang dewasa, maka berjumlah sepuluh (10). Nilai sepuluh tersebut terdiri dari
2 radix, yaitu 1 dan 0, oleh karena itu Digital merupakan penggambaran dari suatu keadaan bilangan
yang terdiri dari angka 0 dan 1 atau off dan on (bilangan biner). Semua sistem komputer
menggunakan sistem digital sebagai basis datanya. Dapat disebut juga dengan istilah Bit (Binary
Digit).
Peralatan canggih, seperti komputer, pada prosesornya memiliki serangkaian perhitungan biner yang
rumit. Dalam gambaran yang mudah-mudah saja, proses biner seperti saklar lampu, yang memiliki 2
keadaan, yaitu Off (0) dan On (1). Misalnya ada 20 lampu dan saklar, jika saklar itu dinyalakan dalam
posisi A, misalnya, maka ia akan membentuk gambar bunga, dan jika dinyalakan dalam posisi B, ia
akan membentuk gambar hati. Begitulah kira-kira biner digital tersebut.
Konsep digital ini ternyata juga menjadi gambaran pemahaman suatu keadaan yang saling
berlawanan. Pada gambaran saklar lampu yang ditekan pada tombol on, maka ruangan akan tampak
terang. Namun apabila saklar lampu yang ditekan pada tombol off, maka ruangan menjadi gelap.
Kondisi alam semesta secara keseluruhan menganut sistem digital ini. Pada belahan bumi
katulistiwa, munculnya siang dan malam adalah suatu fenomena yang tidak terbantahkan. Secara
psikologis, manusia terbentuk dengan dua sifatnya, yaitu baik dan buruk. Konsep Yin dan Yang
ternyata juga bersentuhan dengan konsep digital ini (wikipedia bahasa Indonesia)
Teknologi digital memiliki beberapa keistimewaan unik yang tidak dapat ditemukan pada teknologi
analog, yaitu :
1. Mampu mengirimkan informasi dengan kecepatan cahaya yang mengakibatkan informasi
dapat dikirim dengan kecepatan tinggi.
Simulasi Digital © guruvalah.20m.com 4
2. Penggunaan yang berulang-ulang terhadap informasi tidak mempengaruhi kualitas dan
kuantitas informasi itu sendiri.
3. Informasi dapat dengan mudah diproses dan dimodifikasi ke dalam berbagai bentuk.
4. Dapat memproses informasi dalam jumlah yang sangat besar dan mengirimkannya secara
interaktif.
Contoh Sistem Digital:
1. Jam digital
2. Kamera digital
3. Penunjuk suhu digital
4. Kalkulator digital
5. Computer
6. HP
7. Radio digital
Persamaan sistem analog dan digital:
1. Sama-sama merupakan sinyal data
2. Semua bisa dibuat dalam bentuk IC
Perbedaan sistem analog dan digital:
1. Sistem digital mampu mengirimkan informasi lebih cepat dari analog
2. Sistem analog lebih sensitif dari ganguan atau noise.
3. Sistem digital mereproduksi sinyal dengan lebih baik.
4. Sistem digital mudah didisain dan tidak memerlukan matematika khusus.
5. Fleksibilitas dan fungsionalitas yang lebih baik.
D. Simulasi Digital Dalam Pembelajaran
Simulasi Digital © guruvalah.20m.com 5
Simulasi Digital dalam pembelajaran berarti pembelajaran dengan pemanfaatan teknologi informasi
dan komunikasi melalui pengembangan bahan ajar berbasis web.
Gambar : Konsep Mata Pelajaran Simulasi Digital
Berdasarkan diskusi dengan beberapa pihak industri dan dengan melihat perkembangan teknologi
dan kebutuhan tenaga kerja berdasarkan kompetensi yang dibutuhkan pihak industri saat ini, maka
konten materi Simulasi Digital sebagai berikut :
Simulasi Digital © guruvalah.20m.com 6
1. Melaksanakan Pembelajaran Kolaboratif
 Mengidentifikasi Jejaring Sosial Pendidikan
 Melakukan Pendaftaran
 Menfaatkan Fitur
 Melaksankan Ujian Online Bersama
Sumber belajar : Edmodo, Moodle, BBB, Facebook, Buku Seadunet 2.0 dll
2. Menformat materi dalam bentuk digital
 Mengidentifiasi materi digital
 Mengidentifikasi persyaratan hardware
 Menformat materi digital
 Mengidentifikasi jenis aplikasi untuk pembuatan materi bentuk digital
 Menggunakan aplikasi untuk membuat materi digital
 Membuat materi dalam bentuk digital
Sumber belajar : Calibre, Sigil, Flibook, Kwisoft, Buku Seadunet 2.0 dll
3. Melaksankanan interaksi dan komunikasi secara online
Menjelaskan interaksi online
 Menjelaskan komunikasi online
 Menjelaskan jenis layanan aplikasi komunikasi online
 Menjelaskan persyaratan penggunaan layanan palikasi
 Memanfaatkan fitur layanan komunikasi online
 Melakukan interaksi dan komunikasi secara online
Sumber belajar : Skype, Facebook, Google+, Buku Seadunet 2.0 dll
4. Membuat materi dalam bentuk video
 Mengidentifikasi jenis materi audio visual
 Mengidentifikasi Jenis aplikasi pembuat materi bentuk audio visual
 Menjelaskan persyaratan kebutuhan hardware
 Menggunakan aplikasi editing video
 Melakukan proses render menjadi bentuk video
Sumber belajar : Movie Maker, Ulead, Pinacle, Adobe Premiere, Buku Seadunet 2.0 dll
5. Membuat materi dalam bentuk simulasi visual
 Menjelaskan konsep simulasi visual
 Mengidentifikasi jenis simulasi visual
 Membuat simulasi visual
 Mempublikasikan simulasi visual

Tidak ada komentar:

Posting Komentar